Saham ACES Turun Karena MSCI?

Aces Turun karena msci

Harga saham Ace Hardware Indonesia ACES terus turun semenjak masuk kedalam index MSCI Global Indonesia. Bagaimana prospeknya?
Mungkin sebagian pembaca sudah ada yang mengkoleksi saham ini karena merah terus dan mengira akan rebound! tapi ternyata tidak ferguso sahamnya merah enam hari berturut-turut.

Saham ACES Turun Terus Semenjak Efektif di MSCI

Dalam pengamatan kami semenjak rebalancing index MSCI pada tanggal 26 November 2019 lalu, saham ini malah mengalami koreksi tajam. Jika kita hitung sudah turun sekitar 15% dari harga 1750 pada saat rebalancing efektif. Apa yang sebenarnya terjadi setelah rebalancing index MSCI ini sehingga membuat harga saham ACES turun terus?.

Saham Aces Turun
Pergerakan Saham ACES Setelah Rebalancing

Kami melakukan analisa pada saham yang juga masuk kedalam index MSCI global Indonesia yaitu EXCL juga mengalami hal yang sama. Saham EXCL mengalami penurunan tiga hari berturut-turut setelah rebalancing efektif, hanya saja tidak separah ACES yang sampai 15% saham EXCL memang sempat mengalamai penurunan hingga 13.5% namun mengalami kenaikan hingga saat ini hanya turun sekitar 4-5% persen dari harga pembukaan saat rebalancing index MSCI.

Saham Excl Setelah rebalancing
Pergerakan Saham EXCL setelah Rebalancing

Memang sebetulnya kita tidak bisa secara mentah-mentah membandingkan kedua saham ini karena dari sektor dan market caps juga berbeda. Hanya saja kebetulan kedua saham ini yang baru masuk kedalam index MSCI Global Indonesia jadi kita bandingkan nasibnya.
Apakah saham ACES akan bernasib sama seperti EXCL hanya saja dalam jangka waktu yang berbeda? kita tunggu saja jawabannya nanti. Sekarang kita lihat dari sisi lainnya.

Asing Jual Besar-Besaran

aces net foreign
NBSA Dalam Saham ACES Setelah Rebalancing

Kami juga mengamati bahwa semenjak efektif di index MSCI Global Indonesia, para investor asing terus melakukan net sell dari tanggal 26 November 2019 hingga hari ini Jumat 6 Desember 2019 tercatat investor asing melakukan penjualan bersih sebesar 136M. Apakah ini merupakan strategi investor asing yang keluar setelah sahamnya masuk index MSCI. Namun kita melihat juga pada hari rebalancing tanggal 26 November lalu merupakan rekor volume perdagangan saham ini. Investor asing juga banyak melakukan pembelian saham ini walaupun selisih 9M dengan yang berhasil dijual ke investor lokal.

Saham ACES dari Sisi Teknikal

Dari sisi teknikal memang saham ACES ini belum ada pertanda bagus, 2 doji yang tejadi kemarin pun ternyata bukan pertanda pembalik arah melaikan menandakan penurunan besar yang membentuk candle hari ini bukan merupakan pertanda baik. Menurut kami saat ini ACES masih dalam tekanan turun di target penurunan pertama pada 1450 kemudian 1400. Saran kami agar jauhi dulu saham ini sampai ada tanda akan berbalik arah.

Kesimpulan

Bisa saja kita katakan untuk saat ini penyebab penurunan harga saham ACES karena masuk index MSCI Global Indonesia. Mungkin saja para investor asing saat ini masih menyesuaikan portfolio investasi mereka setelah rebalancing index tersebut. Kita sebagai trader ritel saat ini lebih baik wait and see dulu untuk melihat perkembangannya. Namun kami lihat pada perdagangan hari ini banyak sekali entah trader atau investor dari kalangan ritel menampung saham ini pada saat penurunan sepanjang sesi satu dan dua tadi. Kami berharap semoga teman-teman ritel yang sudah menampung pada fase penurunan ini bisa memperoleh cuan.

Demikian analisa kami mengenai Saham ACES untuk kali ini. Akan kami update jika kami menemukan hal menarik lainnya.

Silahkan masukkan email anda untuk mendapatkan update dari kami setiap hari agar tidak tertinggal infromasi terkini dari kami.

Ingat selalu buat trading plan sesuai dengan risk, pain tolerance masing-masing dan selalu gunakan money management.

Disclaimer ON.

Trade With Your Own Risk

Baca juga artikel kami yang lainnya.

Join Channel Telegram kami untuk dapatkan update setiap hari!

https://t.me/traderbebek

Salam,

Trader Bebek.

Mencoba membantu sesama trader retail dalam memberikan pandangan terhadap suatu saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 4 =

Back To Top