HMSP & GGRM Turun Tajam, Asing Cut Loss?

Pada akhir sesi kedua selasa, 26 November 2019 Saham HMSP dan GGRM turun tajam dari harga sebelumnya dimana HMSP turun 4.47% dan GGRM turun 5.65% apa yang terjadi dengan kedua saham tersebut?

Kami akan mulai dengan pembahasan HMSP

Sesuai dengan artikel kami sebelumnya tentang HSMP yang dapat anda lihat di https://traderbebek.com/hmsp-tertahan-di-support-psikologis-breakdown-atau-reversal/

Kami sudah menduga akan ada pergerakan pada saham ini entah itu reversal ataupun breakdown, dan ternyata jawabannya muncul satu hari setelah artikel kami rilis.

Sepanjang minggu lalu tim kami terus mengamati pergerakan saham HMSP dan melihat bahwa saham ini tertahan di support psikologisnya di level 2000 walaupun terus diwarnai aksi jual yang besar sepanjang minggu lalu, hal ini yang mendasari kami membuat artikel sebelumnya tentang sampai kapan HMSP mampu bertahan di supportnya, lalu mengapa secara tiba-tiba pada penutupan hari ini HMSP dibuang?

Berikut adalah hasil analisa kami :

  • Tekanan Jual Investor Asing
         Tanpa disadari sepanjang minggu lalu hingga selasa 26 November 2019 investor asing terus mencatatkan net sell saham HMSP dengan nilai mencapai 609 Miliar Rupiah, namun harga terus ditahan tidak turun dibawah 2000 seperti kita lihat gambar dibawah.
  • Aksi Cut Loss Lanjutan Dari Asing
         Kami menduga ini adalah aksi lanjutan dari Cut Loss besar-besaran yang terjadi September lalu setelah berita kenaikan cukai rokok indonesia yang akan berlaku pada tahun 2020 nanti.

lalu bagaimana kemungkinan pergerakannya dalam jangka pendek?

HMSP kemungkinan akan kembali melemah namun hal ini bisa saja menjadi momentum untuk HMSP menguat pada awal perdagangan esok hari dengan kemungkinan GAP UP pada saat pembukaan market, sebaiknya kita menunggu apakah HMSP akan rebound dan berbalik arah agar dapat meminimalisir risiko kerugian jika asing kembali melakukan Cut Loss besar-besaran kembali.

Bagaimana dengan GGRM ?

Tidak jauh berbeda dengan HMSP, penurunan GGRM hari ini dimotori oleh aksi Cut Loss besar-besaran dari investor asing namun hal ini diluar perkiraan kami dimana pada kasus GGRM investor asing tidak setiap hari mencatatkan net sell seperti di HMSP, lihat gambar dibawah.

Hal ini menarik karena, kemungkinan ada investor asing yang “nyangkut” di harga atas jika tidak ikut aksi cut loss besar-besaran hari ini.

Untuk GGRM kemungkinan pergerakannya akan seiring dengan HMSP untuk esok hari, jadi sebaiknya kita amati dulu pergerakannya.

Demikian untuk pembahasan mengenai HMSP dan GGRM hari ini, jika ada masukan atau pertanyaan dapat komen dibawah.

Ingat selalu buat trading plan sesuai dengan risk, pain tolerance masing-masing dan selalu gunakan money management.

Disclaimer ON

Trade With Your Own Risk

Join Channel Telegram kami untuk dapatkan update setiap harinya

https://t.me/traderbebek

Salam,

Trader Bebek.

Selalu jadi yang pertama mendapatkan update, gabung newsletter kami dengan memasukkan email anda dibawah dan dapatkan update setiap harinya

Mencoba membantu sesama trader retail dalam memberikan pandangan terhadap suatu saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 5 =

Back To Top