Bagaimana cara buka rekening saham?

Bagaimana cara buka rekening saham?

Masih banyak orang yang menanyakan di sosial media kami bagaimana cara membuat atau membuka rekening saham agar bisa bertransaksi di pasar saham indonesia, oleh karena itu kami putuskan untuk membuat tutorial bagaimana dan apa saja yang diperlukan untuk membuat rekening saham sampai anda bisa trading di bursa, menarik bukan? mari kita simak cara buka rekening saham.

Langkah Pertama

Untuk membuka rekening saham harus melalui sekuritas, anda dapat memilih sekuritas yang saat ini rata-rata tidak jauh berbeda baik yang dikelola oleh swasta maupun anak BUMN dari segi fitur, fee dan pelayanan. Rata-rata sudah memiliki online trading semua dan juga bisa diakses melalui ponsel anda, disini kami akan membantu anda mencari referensi sekuritas yang dapat anda pilih. (urutan tidak berdasarkan rekomendasi, kecakapan sekuritas, maupun endorse).

  1. Mirae Asset Sekuritas (YP) https://www.miraeasset.co.id/
  2. Indopermier Sekuritas (PD) https://www.indopremier.com/
  3. BNI Sekuritas (NI) https://www.bnisekuritas.co.id/
  4. Mandiri Sekuritas (CC) https://www.most.co.id/Portal
  5. Danareksa Sekuritas (OD) http://www.danareksasekuritas.com/
  6. Sinarmas Sekuritas (DH) http://www.sinarmassekuritas.co.id/
  7. Valbury Sekuritas (CP) https://valbury.co.id/
  8. RHB Sekuritas (DR) https://www.rhbtradesmart.co.id/
  9. Bahana Sekuritas (DX) http://www.bahana.co.id/
  10. BCA Sekuritas (SQ) https://www.bcasekuritas.co.id/

Sebetulnya masih banyak lagi namun disini kami masukkan 10 saja, bukan berarti sekuritas yang tidak masuk di list tidak direkomendasikan namun jika kami masukkan semua akan sangat banyak sekali listnya, setiap sekuritas menawarkan bank custodian yang berbeda-beda jadi kami sarankan menanyakan dahulu ke sekuritas bank custodian mana saja yang dapat dibuka di sekuritas tersebut sebagai tempat dana anda nanti, hal ini akan bermanfaat untuk anda kedepannya dalam memudahkan mengelola rekening tersebut. Langkah pertama yang haus anda lakukan adalah mendaftar pada website tersebut.

Mari kita lanjutkan, setelah anda memutuskan membuka akun di sekuritas ada beberapa dokumen yang anda siapkan.

  1. FC/Scan KTP Elektronik
  2. FC/Scan NPWP
  3. Materai 6000 minimal 2 buah

Langkah Kedua

Setelah anda menyiapkannya biasanya anda akan diminta untuk mengisi form pembukaan rekening bank custodian, form akun, form profil investor dan form pernyataan. (setiap sekuritas berbeda-beda) ada yang perlu anda print, ada juga yang hanya online, dan jangan heran ada banyak yang harus anda isi jadi pastikan anda membaca dengan seksama sebelum melakukan pengisian agar tidak terjadi kesalahan pengisian data, jika menggunakan kertas anda biasanya harus melakukan paraf disemua halaman pembukaan rekening bank custodian, disini juga menggunakan materai dan anda tanda tangani. setelah itu anda diharuskan mengirim semua berkas tersebut ke kantor sekuritas terkait melalui pos ataupun expedisi, biasanya akun anda akan selesai dalam waktu paling lama 7 hari kerja setelah berkas diterima dan diverifikasi oleh sekuritas (pada masa ini biasanya anda akan dihubungi oleh sekuritas) jadi silahkan menunggu dengan sabar.

Contoh form pembukaan rekening

Selamat akun saham anda sekarang sudah selesai ! tapi tunggu dulu, gimana cara tradingnya? setelah rekening anda selesai anda harus melalukan deposit ke rekening anda yang telah dibuatkan oleh sekuritas sebelumnya biasanya sekuritas ada yang menentukan minimal setoran dana awal mulai dari Rp100.000,- hingga Rp10.000.000,- pastikan anda menyetor dana sesuai dengan ketentuan minimal sekuritas, nah setelah anda selesai deposit dana biasanya akan otomatis masuk ke saldo anda dan bisa langsung digunakan untuk melakukan pembelian saham ! jika belum update atau masuk silahkan langsung konfirmasi ke sekuritasnya!

Langkah Ketiga

Jika anda sudah sampai langkah ini berarti anda sudah siap memulai perjalanan anda di pasar saham dan anda sudah mendapatkan predikat Investor Saham dengan SID yang anda miliki, Congratulations and Welcome to The Jungle! baik kita lanjut lagi di langkah terakhir ini anda dapat memutuskan untuk melakukan trading dari platform mana, sekuritas pada umumnya menyediakan berbagai platform untuk memudahkan anda bertansaksi kapan saja dan dimana saja antara lain ada yang dari browser, handphone, dan desktop (PC/Laptop). Silahkan sesuaikan dengan gaya anda masing-masing, kami sarankan menggunakan aplikasi untuk dekstop dulu agar anda paham fitur-fitur yang tersedia dan istilah-istilah yang digunakan di aplikasi sehingga memudahkan anda jika menggunakannya di platform lain. Jika sudah bisa trading pastikan anda join ke Channel telegram TraderBebek untuk mendapatkan rekomendasi trading setiap harinya!

Contoh aplikasi trading di desktop dari indopremier

Ok selesai sudah 3 langkah mudah cara buka rekening saham semoga cuan terus, jika masih ada pertanyaan silahkan komentar dibawah.

Jika anda merasa tulisan ini bermanfaat silahkan share ke media sosial anda.

Join Channel Telegram kami untuk dapatkan update setiap harinya

https://t.me/traderbebek

Salam,

Trader Bebek.

Selalu jadi yang pertama mendapatkan update, gabung newsletter kami dengan memasukkan email anda dibawah dan dapatkan update setiap harinya

 

 

Please share this on:
Mencoba membantu sesama trader retail dalam memberikan pandangan terhadap suatu saham.
Posts created 67

Leave a Reply

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top